Jumat, 29 Oktober 2010

Tahniah Ulang Tahun Propinsi Riau yang ke 53

riau.go.id
riau.go.id
Hari ini tepatnya senin 9 Agustus 2010 Propinsi Riau genap berusia 53 tahun, berdiri tanggal 9 agustus 1957, Acara yang dilaksanakan dikantor gubernur riau berlangsung sangat meriah, seperti acara-acara ceremonial lainnya. Saat ini propinsi riau dipimpin oleh seorang gubernur Riau H.M.Rusli Zainal,SE,MM dan wakil gubernur Drs. H. Raja Mambang mit.
riau.go.id
riau.go.id
riau.go.id
riau.go.id
Propinsi riau terdiri dari Kota Pekanbaru, kab.Kampar, kab. Indragiri hilir, Kab. Indragiri Hulu, Kab.Rokan hilir, Kab. Rokan Hulu, Kab. Pelalawan, Kab.Kuantan sengingi, Kab. Meranti, Kab. Bengkalis, Kab. Siak, Kota madya Dumai.
Ada sekelumit tentang berdirinya propinsi riau, Keteguhan hati dan keinginan kuat untuk menjadikan Riau sebagai sebuah provinsi yang berdiri sendiri demi percepatan pembangunan daerah didasari atas ketidakpuasan masyarakat Riau yang pada waktu itu masih di bawah pemerintah Provinsi Sumatera Tengah, yang terdiri dari Sumatera Barat, Jambi dan Riau.
Sebagai daerah yang memiliki kekayaan alam yang juga sebagai penopang pembangunan Provinsi Sumatera Tengah, di Riau malah tidak ada sekolah sama sekali. Sementara di daerah ibu kota Sumatera Tengah (kini Sumatera Barat) di semua kecamatan berdiri sekolah-sekolah mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Menengah Atas (SMA). ‘’SMA pada waktu itu di Riau hanya ada di Tanjungpinang, itupun bukan dibangun oleh pemerintah provinsi akan tetapi sekolah peninggalan Belanda. SMA yang ada di Pekanbaru juga bukan dibangun oleh pemerintah akan tetapi swasta dalam hal ini PT Caltex,’’ ujar salah satu tokoh pembentukan Provinsi Riau yang kini berumur 90 tahun, Wan Ghalib.
Tapi sekarang Propinsi riau sudah terpisah dari Tanjung Pinang dan batam dan membentuk propinsi sendiri yang bernama Kepulauan Riau.
Semoga saja propinsi Riau kedepannya makin tambah maju, sukses dan pembangunan yang dilaksanakan diharapkan tidak akan mengusur bangunan lama yang telah berdiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut